Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Membuat Donat Kentang Yang Bisa Dicoba Di Rumah


Donat menjadi salah satu kue yang cukup banyak penggemarnya. Kue nikmat yang satu ini digandrungi banyak kalangan, dari anak-anak hingga orang tua. Donat merupakan jenis kue yang dibuat menggunakan bahan adonan tepung terigu, mentega dan gula. Tampilan kue donat bulat dan berlubang di tengahnya bagaikan cincin. Rasa donat sendiri manis dan lembut saat digigit. Kelezatan rasa kue donat membuat kue yang satu ini menarik dan banyak orang yang ingin tahu cara membuat donat kentang.

Sejarah kue donat

Jika berbicara kue donat memang tidak afdol apabila tidak membahas mengenai kue donat sendiri. Kue donat merupakan jenis kue nikmat yang cukup popular. Karena ketenarannya membuat banyak orang tertarik pula untuk mengetahui sejarah dari kue donat itu sendri. Bagaimana asal muasal kue donat itu? Asal usul kue donat hingga kini masih menjadi perdebatan siapa yang menciptakan pertama kua yang berbentuk cincin ini.  Dari fakta yang ada, pendapat National Dunking Association of Amerika (NDAA), yang menemukan kue donat ini yakni  Hanson Crocket Gregory. Namun ini menjadi perdebatan lantaran pihak suku Indian juga mengklaim jika mereka juga telah menciptakan kue donat ini.

Namun dari berbagai perdebatan yang ada, yang tetap terkenal yakni kisah mulanya donat adalah Hanson Gregory sendiri. Terdapat dua sumber cerita mengenai Hanson Gregory mengenai siapa menciptakan kue donat ini.

  • Dari cerita pertama yakni Hanson Gregory tidak sengaja menusukkan kue ke roda kemudi kapal. Hanson sendiri adalah seorang kapten kapal berkebangsaan Jerman. Karena seringkali kapalnya menghadapi badai, ia pun mengambil alih nahkoda kapalnya tersebut. Perbekalan kue gorengan yang hendak dimakannya ditusukan ke bagian roda kemudi kapal sehingga tengah kuenya jadi bolong.
  • Dari cerita kedua yakni Hanson Gregory mencungkil bagian tengah kue yang belum matang ketika berusia 15 tahun. Hanson saat itu seorang remaja laki-laki yang tengah berumur 15 tahun yang datang dari Maine, Amerika Serikat. Sang ibu seringkali membuatkan kue untuknya. Namun saat  ia melihat bagian tengah kue yang belum matang, Hanson mulai mencungkil bagian tengah kue sendiri memakai pisau sehingga menciptakan sebuah lubang besar di tengahnya. Dengan cara melubangi bagian tengahnya, maka bagian tengah kue tersebut berubah menjadi matang seperti bagian sisi kue yang lain. Kebiasaan ini pun berlanjut sampai ia dewasa yang menjadi seorang nahkoda kapal.  Dan akhirnya kue buatannya pun telah menyebar ke seluruh dunia.

Dari cerita sinilah, munculah kue donat yang sangat terkenal hingga saat ini. Kue donat ini memang telah melegenda dan popular di segala penjuru dunia. Tampilan donat kinipun juga telah berubah, kini tidak lagi bulat dan berlubang di tengahnya. Namun kini juga banyak yang memvariasikan dengan tampilannya yang cantik dan memiliki isi di bagian tengahnya.

Setelah mengetahui sejarah donat tentunya membuat donat semakin menarik lagi. Anda ingin tahu cara membuat donat kentang yang mudah? Membuat donat kentang sendiri sebenarnya tidak sulit , dimana bisa Anda buat di rumah dengan mudah. Di bawah ini kami juga menyiapkan resep-resep membuat kue donat kentang yang bisa Anda coba. Seperti apa resepnya. Langsung saja ini dia resep cara membuat donat yang bisa Anda coba :

1.Resep Membuat  Donat Kentang Original

Ini dia resep kue donat yang pertama yang bisa Anda coba praktekan :

Bahan Donat Kentang Original

  • 75 gram mentega atau margarin
  • 4 kuning telur
  • 11 gram ragi instan
  • 500 gram tepung terigu yang proteinnya tinggi
  • 200 gram kentang kukus yang udah ditumbuk sampai halus dan udah dingin
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram gula kastor kalau nggak ada gula halus juga boleh
  • 1/4 sdt garam
  • 100 ml air

Langkah Membuat Donat Kentang Original

  1. Mulai dengan mencampurkan dulu tepung terigu, susu bubuk, garam, gula halus, dan ragi. Campur sampai rata ya, biar kecampur semua.
  2. Jika campuran bahan bubuk sudah rata, lalu  masukkan kuning telur serta kentang yang sudah ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan air sedikit demi sedikit, jangan lupa sambil diuleni juga ya, hingga adonannya jadi kalis.
  3. Tambahkan mentega ataupun margarin sambil diuleni lagi hingga adonan jadi elastis dan kalis.
  4. Lanjut dengan mendiamkan adonan donat hingga kurang lebih 20-30 menit (atau bisa juga lebih lama lagi), ingat jangan lama-lama, supaya adonannya tidak ngambek. Waktu mendiamkan adonan, dapat menutup atasnya memakai serbet basah, tapi jangan sampai ada air yang menetes ke adonan. Ini memiliki fungsi agar adonan donat tidak menjadi kering.
  5. Kalau sudah didiemin, adonan dapat dikempeskan dan bentuk adonan menjadi bentuk donat, bisa juga memakai cetakan donat supaya lebihr gampang.
  6. Setelah dibentuk, maka diamkan lagi hingga kurang lebih 20-30 menit, yang ini jangan lama-lama juga ya.
  7. Lanjutkan dengan menggoreng donat kentang dengan menggunakan api kecil sampai warnanya berubah jadi kecoklatan.
  8. Setelah itu dapat mengangkat donat biar nggak gosong, lalu dinginkan. Supaya lebih menarik, kamu dapat hiasi donat dengan topping sesuai dengan seleramu.

2. Resep Membuat  Kentang Isi Coklat

Ini dia resep kue donat yang kedua yang bisa Anda coba praktekan :

Bahan Donat Kentang Isi Coklat

  • 50 gram kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan.
  • 50 gram gula pasir.
  • 1 butir telur ayam.
  • 50 gram margarin.
  • 150 ml air es.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh ragi instan.
  • 400 gram tepung terigu protein tinggi.
  • 1 sachet susu bubuk.

Bahan Isi

  • Air secukupnya
  • 250 gram coklat masak pekat yang sudah dipotong kecil

Pelengkap

  • Gula halus sebagai taburan

Cara Membuat Isi

  1. Pertama-tama dapat merebus air untuk melelehkan coklat dengan menggunakan cara di tim. Setelah air mendidih, maka letakkan potongan coklat di dalam wadah tahan panas, lalu taruh mangkuk di atas panci. Lanjutkan dengan memanaskan coklat sampai meleleh.
  2. Setelah meleleh, dapat mematikan api dan diamkan coklat sebentar.

Langkah  Membuat Donat Kentang Isi Coklat

  1. Mulai membuat adonan dengan mencampurkan kentang, tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi instan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  2. Lalu dapat menambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis.
  3. Kemudian masukkan margarin dan garam, uleni lagi hingga adonan menjadi elastis dan kalis.
  4. Lalu dapat mendiamkan adonan hingga kurang lebih 15 menit.
  5. Lanjut membagi adonan menjadi 30 gram dalam setiap potongan.
  6. Bentuk adonan dengan menjadi bulat, dan letakkan adonan di atas loyang yang sebelumnya telah taburi dengan tepung terigu.
  7. Lalu diamkan kembali adonan hingga 45 menit.
  8. Setelah waktu 45 menit, bisa menggoreng adonan di dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika telah matang tiriskan minyaknya.
  9. Lubangi di bagian satu sisi donat menggunakan sumpit, lalu semprotkan untuk  coklat leleh secukupnya.
  10. Taburi atau gulingkan donat di dalam wadah yang berisi gula halus sampai seluruh permukaannya tertutup semua.
  11. Sajian donat kentang isi coklat siap  untuk disajikan.

Untuk membuat proses pembuat donat lebih praktis membutuhkan mesin penunjangnya. Salah satunya adalah alat cetakan donut (donut maker). Alat cetakan donut dari Maksindo ini bisa Anda aplikasikan dalam pembuatan donat. Anda bisa mengkreasikan berbagai jenis donat yang lezat dan nikmat dengan hadirnya alat cetakan donut. Fungsi alat cetakan donut untuk membuat, mencetak dan memasak donat secara praktis. Alat cetakan donut merupakan alat masak modern yang terbuat menggunakan bahan berkualitas terbaik, sehingga masakan cepat matang, tidak lengket, dan hasil cetakannya sangat memuaskan. Alat pembuat donat dengan kualitas bagus ini tersedia di Toko Mesin Maksindo. Anda tertarik dengan cetakan donut ini.

3. Resep Membuat Donat Kentang Madu

Ini dia resep cara membuat donat kentang yang ketiga yang bisa Anda coba praktekan :

Bahan Donat Kentang Madu

  • 100 gram susu bubuk putih atau susu skim bubuk
  • 200 ml air dingin
  • 200 gram gula pasir
  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 400 gram kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan
  • 1 sdt garam
  • 150 gram mentega atau margarin
  • 20 gram ragi instan
  • 50 ml madu
  • 6 buah kuning telur
  • 2 liter minyak goreng untuk menggoreng

Langkah  Membuat Donat Kentang Madu

  1. Mulai dengan mengayak terlebih dahulu tepung terigu juga susu bubuk.
  2. Campurkan dengan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, serta  ragi instan, aduk sampai semua adonan tercampur rata.
  3. Tambahkan dengan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata.
  4. Kemudian masukkan kentang, kuning telur serta madu, aduk kembali dan juga uleni sampai adonan menjadi kalis.
  5. Tambahkan dengan garam dan mentega, uleni kembali hingga adonan kalis, lalu diamkan selama 15 menit dengan menutupnya memakai kain lembab atau plastik.
  6. Jika sudah15 menit, keluarkan dari tempatnya, kempesken serta potong adonan dengan berat 50 gram.
  7. Bentuk untuk  adonan menjadi bulat serta diamkan kembali selama 20 menit hingga mengembang.
  8. Lanjutkan dengan melubangi bagian tengah adonan hingga bentuknya mirip seperti donat.
  9. Goreng untuk adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam minyak yang panas sambil terus diputar-putar bagian tengahnya memakai sumpit.
  10. Goreng hingga warnanya kuning kecoklatan, setelah itu angkat serta tiriskan.
  11. Donat kentang madu  sudah siap disajikan, bisa juga ditambahkan dengan  topping sesuai selera.

Nah itu tadi ulasan artikel 3 cara membuat donat kentang yang bisa dicoba di rumah.  Dengan sajian resep donat kentang yang ada di atas semoga dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih telah mengunjungi artikel kami mengenai resep donat ini, sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "3 Cara Membuat Donat Kentang Yang Bisa Dicoba Di Rumah"